Target

Dalam bisnis/ usaha, target menjadi satu yang harus kita miliki. Target ini menjadi tolok ukur yang harus kita capai dan menjadi standar penilaian terkait usaha/ bisnis yang kita punya. Saya pernah di tegur oleh pelatih bisnis, beliau bertanya, "tim anda yang di daerah, diberi target berapa?" saya katakan waktu itu, "tidak ada, biarkan mereka sendiri yang membangun dan mengembangkan diri." si pelatih bisnis mengatakan, "wah, bahaya bisnis anda kalau tim anda tidak diberi target."

Dan setelah beberapa waktu, kata-kata yang di sampaikan  pelatih bisnis tadi menjadi kenyataan, usaha saya yang di jalankan teman-teman saya yang tidak saya beri target tadi, selama beberapa bulan tidak mendapatkan penjualan satu pun. betul-betul bahaya. 

Lalu, target juga menjadi faktor penyemangat kita dalam bekerja. Ada tujuan yang hendak dicapai. Sungguh sangat menggelikan jika kita hidup atau berjalan tidak memiliki tujuan yang jelas. Target menjadikan usaha/ bisnis kita memiliki tujuan. di dalam tulisan sebelumnya, bekal pengusaha pemula, hal pertama yang harus kita miliki adalah tujuan. selama ini, kita melihat, banya usaha-usaha yang bermunculan tidak memiliki tujuan, terlalu sering berganti tujuan, produk, cara dan sebagainya, sehingga usahanya tidak bertahan lama.

Selain itu, target juga dapat membantu kita dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif  dan juga besaran anggaran yang tepat untuk menjaga keberlangsungan bisnis kita.
 
Nah, jika kita memiliki bisnis rumahan (atau bisnis lain), target itu menjadi penting, bukan untuk terlihat gagah, namun menjadi faktor penyemangat dan membuat kita bergairah untuk menjalankan bisnis dan agar kita dapat fokus pada tujuan kita, fokus untuk mencapai apa yang kita inginkan. 

Sudahkan bisnis anda memiliki target?

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat