psikotest (pemeriksaan psikologi)

Udah pernah ikut psikotest?? bagi yang sedang berusaha mencari pekerjaan biasanya sudah pernah ikutan tes yang satu ini. Tujuan dari tes ini sebenarnya untuk memeriksa psikologi si calon tenaga kerja, sesuai atau tidak dengan bidang kerja yang dilamarnya. psikotes ini ingin melihat hal - hal yang terkait dengan psikologi seseorang seperti, motivasi dan kecenderungan, serta hal-hal yang terkait masalah kejiwaan seseorang. 

nah, si pemeriksa psikologi, menggunakan beberapa alat tes yang harus kita isi, dari hasil yang kita isi ini, si pemeriksa akan dapat memberi kesimpulan, apakah si calon pekerja ini sesuai dengan bidang kerja yang dilamarnya?? jika ya, maka direkomendasikan untuk di terima, jika tidak maka ya...tidak disarankan untuk di terima. 

dalam psikotes, sebenarnya tidak ada benar salah, lebih tepatnya sesuai atau tidak sesuai. jadi kalo kita ikut psikotes dan akhirnya tidak lulus, bukan berarti kita memiliki masalah kejiwaan yang parah, hanya kurang sesuai saja. saran saya, ya...anda bisa mencari pekerjaan lain yang lebih sesuai. 

ada banyak buku tentang psikotes ini, kawan-kawan  bisa membelinya di berbagai toko buku. Isinya...? hampir sama, saran saya beli yang paling murah..hehehe

ada beberapa alat uji psikologi, ada yang namanya pauli (hitung koran), wartegg test, gambar manusia, rumah, pohon, dan banyak lagi. bagi yang sudah sering ikut pasti tahu jenis-jenis tes tersebut. 

intinya kalo kita sedang psikotes, sebaiknya tenang aja, jangan terburu-buru, jangan lihat orang lain, fokus pada alat uji yang ada pada kita. kemudian ada beberapa saran khusus sih agar si penguji melihat kita sebagai orang dengan kondisi kejiwaan yang bagus...(seperti cheat di game, hehehe) tapi tidak bisa saya bagikan di sini, cari aja di mbah google, pasti ada.

ok, semoga bermanfaat

salam

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat