Knowledge Management


Ada sebuah buku tipis, yang ditulis oleh Lendy Widayana berisikan tentang pengantar knowledge management, meningkatkan daya saing bisnis.

Di sadari atau tidak, di tengah persaingan global saat ini sudah terjadi perubahan paradigma dalam memandang manusia. di dalam organisasi atau perusahaan, manusia adalah aset yang harus terus diberdayakan. sehebat apapun sistem atau teknologi yang dimiliki oleh sebuah organisasi, tanpa di dukung oleh sumber daya manusia yang handal, sistem atau teknologi itu tidak akan berdaya guna maksimal.

Di dalam organisasi, perpindahan satu orang (katakanlah pegawai atau pengurus) ke organisasi lain adalah hal yang wajar, karena organisasi akan dapat mencari penggantinya lagi. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika posisi yang ditinggalkan adalah sebuah posisi yang strategis dan memiliki peranan yang penting dalam organisasi, maka hal ini akan menjadi sebuah kehilangan besar bagi organisasi itu sendiri.

Selain kesulitan untuk mencari penggantinya, kalaupun penggantinya telah di dapatkan, kesulitan berikutnya adalah bagaimana menyiapkan orang baru ini hingga ke taraf "sejajar" kemampuannya dengan pendahulunya.

Belum lagi jika pegawai yang pindah ini ikut memberikan pengaruh kepada pelanggannya untuk pindah pula mengikuti pegawai ini tadi. tentunya masalah ini semakin rumit.

Dalam kaitan inilah hadir sebuah Knowledge Management (KM) untuk mengatasi gap yang timbul saat pegawai lama pindah atau pensiun dan masuk pegawai baru yang menggantikannya.

KM adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi. (http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pengetahuan)

Dan dalam buku ini akan dijelaskan apa itu knowledge management, manfaatnya, dan bagaimana menerapkannya dalam lingkungan organisasi kita.

3 comments:

  1. Saya bisa mendapatkan buku ini dimana ya?

    ReplyDelete
  2. Saya bisa mendapatkan buku ini dimana ya? Sangat butuh soalnya

    ReplyDelete
  3. Di gramedia ada kok...tp saya dah lama sekali tuh belinya

    ReplyDelete

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat