Kepemimpinan

Ada 6 kata kunci bagi pemimpin...

apa itu...?

pertama

seorang pemimpin itu harus Loyal to the principle, dia harus loyal dengan prinsip-prinsip kebenaran yang hakiki, loyal pada nilai2 moral universal, jujur, dan lain lain

kedua

pemimpin itu juga harus Enthusiasm, artinya antusias.. ini harga mutlak, pribadi yang antusias adalah pribadi yang selalu bersemangant, dan yakin lah bahwa ketika kita semangat, atau antusias, maka lingkungan kita akan terpengaruh menjadi bersemangat pula... sebagai pemimpin anda harus menjadi pribadi pertama yang antusias.

ketiga

seorang pemimpin itu harus Accomodate and accompany... artinya seorang pemimpin itu bukan hanya memberi perintah ini dan itu, tapi lebih dari itu, mereka harus mengakomodasi keluhan, pertanyaan, sanggahan dan apapun masukan dari bawahan, dan kedua ia juga harus menemani perkembangan bawahannya menjadi seperti dirinya... paham?

keempat

pemimpin yang baik adalah mereka yang Developing others, artinya mereka mengembangkan orang lain, tidak hanya dirinya... ia sadar sekali bahwa ia tak selamanya hidup, dan harus ada orang lain yang melanjutkan perjuangannya... oleh sebab itu ia harus membangun pemimpin-pemimpin baru untuk melanjutkan perjuangannya.

kelima

Empowering, pemimpin harus terus memberdayakan orang lain terutama bawahannya... ia hidup bukan untuk dirinya sendiri, tidak ada ketakutan dalam hatinya bahwa suatu saat aku akan "disalip" oleh bawahannya. malahan ia merasa bangga karena telah mampu melahirkan pemimpin baru... seperti dirinya

keenam

pemimpin harus memiliki responsibility, tanggung jawab, semua yang terjadi akibat pekerjaannya ialah orang yang pertama menjadi pribadi yang bertanggung jawab.. ia tidak menyalahkan orang lain sebagai "kambing hitam" tapi ia langsung instrokpeksi diri.. apa yang salah..?

keenam prinsip ini berasal dari keenam huruf di kata2 LEADER
L : Loyal to the prinsiple
E : Enthusiasm
A : Accomodate, accompany
D : Developing others
E : Empowering
R : Responsibility

Salam Hangat
Bag Kinantan, ST

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat