Setelah Sekian Lama

Setelah sekian lama akhirnya kembali ku buka blog ini. entah mengapa beberapa waktu ini sulit sekali menuangkan ide dalam tulisan. Dalam beberapa waktu belakangan ini memang saya lebih membuka telinga dan lebih banyak membaca saja.

Ada beberapa proyek tulisan yang masih mentah dan tak juga bertambah. Bahan-bahan pendukung juga belum terkumpul, atau bisa juga saya sedang kehilangan fokus.

Saya mencoba menganalisa mengapa saya begitu malas menulis, rasanya begitu berat merangkai kata, walau sekalimat saja. Padahal dulu saya sering memaksa teman-teman untuk menulis walau hanya satu kalimat sebagai awal pembiasaan.

Setidaknya ada dua hal yang melatarbelakangi masalah ini, pertama karena kehilangan fokus. kedua karena hilangnya (sementara) faktor penyemangat.

Terkait fokus memang memegang peranan penting dalam rangka menjaga konsistensi seseorang dalam berkarya. jika dahulu saya memiliki banyak waktu untuk memikirkan ide-ide dan mengolahnya dalam pikiran serta mencoba mengait-kaitkan dengan literatur yang pernah saya baca dan akhirnya jadilah sebuah artikel. namun beberapa waktu belakangan memang fokus itu sepertinya agak berkurang.

Sedangkan faktor penyemangat, juga tidak ketinggalan adalah faktor penting bagi keberhasilan seseorang. Dan faktor penyemangat yang baik adalah sesuatu yang secara fisiknya terlihat dan terukur. mengapa kita sering kehilangan motivasi berkarya atau berbuat. mungkin salah satunya karena kita "gagal" menghadirkan motivator (yang menjadi alasan kita berbuat) dalam bentuk yang nyata/ real, hidup dan dapat dirasakan secara fisik.

alah...kok ngelantur ceritanya

udah dulu...

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat