TIDAK ADA KEBETULAN

Tidak ada kebetulan di dunia ini. Semua berjalan dengan apa yang telah direncanakan dan ditentukan. Termasuk masa depan kita, apakah kita ingin berhasil atau justru kita hanya ingin menjadi seperti yang itu-itu saja, semua harus dan semestinya kita rencanakan. Seorang pakar manajemen, Peter Drucker pernah mengatakan, “Cara terbaik untuk mengetahui masa depan kita adalah dengan menciptakannya.”

Keputusan-keputusan yang kita ambil di masa lalu, hasilnya akan kita tuai di masa sekarang atau masa yang akan datang. Oleh sebab itu banyak orang bijak mengatakan “Hati-hati dengan pikiranmu, karena ia akan mempengaruhi niatmu, jika niat sudah tertanam maka ia akan melahirkan sebuah tekad, tekad akan mendorong kepada perbuatan. Perbuatan yang dilakukan berulang-ulang akan menjadikannya sebuah kebiasaan. Kebiasaan akan membentuk sebuah karakter atau kepribadian, karakter seseorang itulah yang akhirnya menentukan nasibnya, berhasil atau tidak.”

Seperti kisah Kungfu Panda, yang bagi saya tidak hanya sebuah film kartun komedi yang membuat kita terhibur, lebih dari itu, film kartun ini telah mengajarkan sebuah pelajaran penting, bahwa di dunia ini tidak ada yang namanya kebetulan. Termasuk di dalamnya seekor panda gendut yang akhirnya terpilih menjadi the dragon warrior. Sebuah jabatan tertinggi di dunia per-kungfu-an.

Awalnya si Panda (namanya Poo) hanya punya mimpi, ya mimpi yang ia semai di dalam pikirannya, bahwa ia mencintai kungfu dan berharap suatu hari ia akan menjadi ahli kungfu. Akhirnya kesempatan itu datang, hari di mana pemilihan the dragon warrior tiba. Master Oogway, kura-kura bijak bestari, yang memiliki penglihatan jauh melebihi orang-orang di sekelilingnya, memilih si panda gendut, yang “secara tidak sengaja jatuh” tepat di depan Master Oogway. Namun, ternyata memang si panda inilah yang dipilih master oogway.

Master Oogway berkata kepada sahabatnya, Shifu, tidak ada kebetulan, termasuk pilihannya kepada panda itu. Sekarang, kata Master Oogway kepada Shifu, “Tugasmulah untuk menjadikanya the dragon warrior sesungguhnya.”

Sekali lagi tidak ada kebetulan, semua berawal dari pikiran dan hati kita yang mengkristal karena mendapat tempaan dari berbagai ilmu yang kita pelajari, buku yang kita baca, nasehat-nasehat orang-orang tua kita, pengaruh lingkungan tempat tinggal kita, pengaruh televisi, Koran dan sebagainya. Semuanya berkumpul menjadi satu, mengasah dan menempa buah pikiran yang telah disetujui hati tadi menjadi pilihan hidup kita. Dan kita jangan pernah menyerah sebelum akhirnya, Tuhan, menunjukkan hasil akhir dari pilihan hidup kita itu. Karena takdir itu berada di ujung dari usaha-usaha keras kita, manusia.

Oleh sebab itu, jangan heran jika anda melihat ada seorang yang sangat keras kepala memegang prinsip yang mungkin bagi kita “ada-ada aja” atau “anak ini cari susah saja” atau “hari gini kok masih berpikir seperti itu” dan lain sebagainya. Namun, satu hal yang harus kita pahami dan yakini bersama bahwa Tuhan yang maha kuasa tidak pernah tidur dan akan terus memeluk mimpi-mimpi kita dan mewujudkannya dengan cara yang sama sekali tidak kita duga sebelumnya. Dan saat hari itu tiba, kita akan lebih banyak tersenyum mengenang pahit dan sulitnya perjuangan dalam mewujudkannya. Semoga.

Kotabumi, 12 Maret 2010

www.boemikoo.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar