Masih tentang Kerja

"Aku sudah mengirim lamaran ke 30 perusahaan di Medan ini, dari 30 itu, yang dipanggil cuma 10 dan dari yang 10 itu, aku di terima di 1 perusahaan. sekarang, akupun keluar dari perusahaan itu, karena gak cocok juga kerjanya."

Itu kata teman se-kostku dulu saat kami bertemu di depan papan pengumuman Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) Universitas Sumatera Utara. Satu hal yang ku catat, bahwa "mencari kerja" itu memang sulit. Mungkin itu juga sebabnya hingga hari ini aku tidak mencari pekerjaan. Aku berusaha mengembangkan pola pikir terbalik yang bagi sebagian besar orang 'ngaco atau gila'. Aku tidak mencari pekerjaan, tapi aku berusaha untuk "menciptakan" pekerjaan, minimal untuk diriku sendiri.

Dahulu, sewaktu masih kuliah, sebuah fakta yang agak menyedihkan bahwa kebanyakan pengangguran yang ada di negeri ini, adalah mereka-mereka yang mengenyam pendidikan tinggi. Seharusnya, pola pikir mereka jauh lebih baik dari mereka yang tidak mengenyam pendidikan tinggi.

Itulah, sampai aku punya pemikiran bahwa, "Masalah pengangguran di Indonesia tidak akan pernah selesai, jika angkatan kerja di negeri ini berpikir mencari pekerjaan, karena jumlah lapangan kerja tidak akan mampu menampung mereka. Sebaiknya, masing-masing kita, minimal mampu untuk hidup 'mandiri' dengan usaha sendiri, jika belum mampu menciptakan lapangan kerja."

Medan, Desember 2010


No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat