Jangan Ngutang *syarat dan ketentuan berlaku

Jangan Ngutang

*) Syarat dan ketentuan berlaku

Sebaiknya dan berusahalah sekuat tenaga untuk tidak terjebak dalam 'hutang'. Sejak pertama sekali kita memakan uang hutangan, biasanya kita akan terus-menerus menjadi 'budak hutang' itu. Ini merupakan bagian dari kisah hidupku yang menyedihkan, dan saya berharap kawan-kawan jangan terjebak dengan apa yang menimpa saya. saya memang tidak akan lari dan saya akan membayar semua hutang saya, itu sudah menjadi janji. namun, sungguh-sungguh tidak mengenakkan hidup dibawah bayang-bayang hutang.

jadi tidak boleh berhutang??
diatas katanya ada syarat dan ketentuannya...

menurut heppy trenggono, seorang pengusaha yang telah berhasil keluar dari jerat hutang, memberikan syarat. jika anda ingin berhutang, maka :

- hutang itu harus mampu melunasi dirinya sendiri. uang hutangan itu harus mampu membayar dirinya sendiri, bukan kita yang bersusahpayah membayarnya.

kok??

begini...misalnya kita ngutang buat usaha/ bisnis..sebelum kita memutuskan untuk mengambil hutang itu, kita harus sudah punya perencanaan seberapa besar 'gain' yang didapat dari bisnis itu...dari keuntungan itu, mampukah si bisnis tadi (keuntungan) melunasi hutang pokoknya + bunga?? kalo mampu dan masih bersisa dan cukup untuk kebutuhan hidup itu tandanya si hutang adalah hutang baik (good debt)

lalu jika sebaliknya, si hutang yang kita pakai untuk bisnis tidak mampu melunasi dirinya sendiri...maka sebaiknya tidak kita ambil, karena si hutang tergolong hutang yang buruk (bad debt)

apalagi hutang yang akan digunakan untuk kegiatan yang sifatnya konsumtif, seperti buat jalan-jalan, untuk pesat pernikahan, untuk beli pakaian..pokoknya digunakan untuk membeli barang atau kegiatan yang sifatnya hanya konsumsi dan tidak menghasilkan keuntungan secara materi, sebaiknya jangan menggunakan uang hutangan...

itu semua sih hanya masukan...semuanya kembali kepada anda,...saya hanya berbagi sedikit pengalaman saya pribadi...asli gak enak punya hutang...

makan tak enak, tidurpun tak nyenyak...

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat