Antara Kreatifitas, Toilet dan Lady GAGA!

Antara Kreatifitas, Toilet dan Lady Gaga !
Oleh : M Arif Rahman Nst
Dulu kala, saat saya masih menjabat sebagai mahasiswa. Saya selalu berpikir dalam kepala saya, "saya kok bisa begitu kreatif ya?" Bukan sombong dan tanpa sebab saya berpikir seperti itu. Ini fakta! Masalahnya, saat itu seringkali saya dikejar teman-teman satu organisasi atau beda organisasi untuk dimintai petuah tentang program apa yang kira-kira spektakuler?

Lalu,dalam waktu sepersekian menit, berloncatanlah ide-ide segar dalam kepala saya.
Realistis atau tidak, itu urusan kedua. Dijalankan atau tidak itu urusan ketiga. Mereka kan cuma minta ide thok. Bukan minta ide yang realistis. ^_^ (untuk ide yang realistis tentu ada tambahan biaya)

Saking kreatifnya saya (anda pasti mulai berpikir, "sombong banget sih nih orang!") waktu kuliah saya sempat dikejar-kejar oleh dua orang kandidat Presiden BEM kampus untuk dipersunting menjadi Menteri sospol. Cuma,waktu itu saya sudah menyadari bahwa saya punya nilai jual yang mahal. (makin berpikir kalo yg nulis ini sombong banget kan?) :D jadilah waktu itu saya bilang ke mereka, "berani bayar berapa?"

Oke cukup sudah menyombongkan dirinya.
Waktu kuliah saya sudah menulis 4 buah buku. 1 non fiksi, 3 lagi novel. Dari keempat buku itu,cuma buku pertama yang layak dibaca, sisanya nggak waras. Yaa..meskipun ada yang beberapa kali cetak ulang! Saya berdoa semoga pembaca novel itu segera diberi hidayah dan dijauhkan dari godaan syetan yang terkutuk. aamiin.. Fenomena terbitnya buku ini juga jadi bukti. Bahwa saya memang kreatif sekali.

Novel saya itu, ternyata jadi novel PLESETAN pertama (sepertinya di Indonesia). Lantas penerbit mulai menerbitkan novel-novel plesetan lain. Diikuti penerbit-penerbit lain yang latah mengikuti tren.

Lantas,saya mulai berpikir... bagaimana sebenarnya kepala saya menciptakan sebuah kreatiftas?
Kapan sebenarnya itu terjadi?

Belakangan saya bertemu jawabannya!
Saya berpikir, sepertinya saya banyak melahirkan ide-ide segar saat SEDANG DI TOILET !
Ada tiga aktifitas yang saya anggap berpengaruh besar menciptakan ide segar itu.
1. Sedang sikat gigi
2. Sedang mengguyurkan air ke kepala
3. Sedang ritual hajatan (ngga usah diperjelas ya!)

Engkau sepertinya sepakat kan dengan anggapan saya ini?
Sepertinya hampir sebagian besar dari kita, dapetin inspirasi spektakuler seringkali saat sedang menjalankan ritual kamar mandi. hayooo ngaku! :D

Tapi bagaimana sebenarnya kejadiannya?
Apapula hubungannya dengan Lady Gaga?

Jangan kemana-mana!

.
.
.
.
.

Ahahaaay..engkau masih setia mengikuti catatan tak penting ini rupanya! (sst..jangan bilang kalau di tag)

baiklah, saya tak akan mengecewakan penantianmu..
kita lanjutkan.

hmm..sampai mana tadi? oh ya, bagaimana sebenarnya kejadiannya? Bagaimana sebenarnya ritual di kamar mandi bisa menyebabkan timbulnya sejarah dalam peradaban manusia?

begini ceritanya.. ritual kamar mandi itu, ritual yang tanpa kita sengaja membuat kenyamanan yang luar biasa bagi tubuh. Dalam ritual itu, hampir sebagian besar aktifitasnya adalah aktifitas MONOTON. Saat sebuah aktifitas monoton, ia tak lagi memerlukan konsentrasi yang terlalu berarti.

Kondisi ini membuat pikiran mudah sekali mengakses memori-memori yang sudah ter-save dalam bank memori seseorang. Saya menganggap, proses akses memori ini adalah proses kreatifitas.  NAH, bahasannya sudah mulai berat. Kalau tidak kuat silakan lambaikan tangannya..disebelah tukang ojek ada kamera, di deket tiang listrik sana juga ada kamera.. :D

Engkau pun pasti pernah mendengar gelombang otak bukan? ritual kamar mandi itu sepertinya membuat perubahan gelombang otak dari Beta ke Alpha. Jika saat melakukan ritual kamar mandi itu,kepala kita dipasangi alat yang namanya Electroencelograph, maka akan kelihatan tuh perubahan gelombang otaknya.

Alpha itu saat kondisi seseorang sedang santai. Hampir setiap ritual kamar mandi yang kita lakukan selalu dalam kondisi santai dan nyaman kan? Kecuali kalau saat akan mandi, engkau digedor-gedor oleh penghuni rumah yang lain, karena engkau sudah sejak sejam yang lalu di kamar mandi.

Gelombang alpha ini yang membuat akses memori yang saya ceritakan sebelumnya itu terjadi.
Saat di gelombang alpha, kita akan dengan mudah meng-obok-obok bank memori pikiran yang kata orang sih itu pikiran bawah sadar.

yah begitu lah ceritanya..
hidup ini memang begitu.. kadang sulit, kadang mudah..
Semoga tak ada pertanyaan ya. Khawatir kecerdasan saya tak cukup menjawab pertanyaanmu :D

oya, lantas apa hubungannya dengan Lady Gaga?

hmmm...kasi tau ngga ya? *syahrini mode : on

hubungannya adalah...
....
....

Tak ada hubungan apa-apa sebenarnya. Lalu kenapa judul notesnya "Antara Kreatifitas, Toilet dan Lady Gaga!"  ?

Ah, itu karena saya bingung saja cari judul lain. mumpung sedang HOT berita si ratu monster ini, ya saya pakai saja namanya, supaya saya jadi ikut terkenal. :p

begitu saja dulu ya..
Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umur yang panjang, insyaAllah saya sudah punya kamar mandi sendiri..

salam kreatif!

Arief Rahman
-ngga punya hubungan apa-apa dengan Lady gaga!-

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat