Bisnis dari rumah, mulainya dari mana ya??

Bisnis dari rumah, mulainya dari mana ya??

Nah, ini dia pertanyaan yang sering kali muncul saat kita sudah mulai memutuskan untuk punya usaha sendiri. Kita kebingungan, mulainya dari mana ya? Iya ya..mulainya dari mana?

Kebanyakan orang, pertama sekali yang terlintas dalam pikirannya saat ia pengen punya usaha adalah modal (uang), betul tidak? Lalu lupa bahwa dia sebenarnya memiliki banyak sumber modal lain yang sama, bahkan lebih penting dari modal uang.

1. manfaatkan teman (di lingkungan, sekolah, kampus, dunia maya, no kontak di HP, dll)
Begini, kita pasti punya teman, kan? Bermacam-macam profesinya, mulai dari tukang bangunan, tukang pijat, pegawai bank, pegawai negeri sipil, pegawai BUMN, anak-anak, atau remaja tanggung dan lain-lain. Pasti ada di antara teman kita tadi yang punya profesi sebagai wirausahawan/ti, ya kan? Dan mereka si wirausahawan/ti tadi pasti punya produk yang ia buat dan di jual.

2. Tawarkan diri untuk jadi agen usahanya teman kita tadi
Nah, mengapa kita tidak mulai dari sana? Kita tawarkan bantuan kita untuk menjadi “agen” dari usahanya. Tidak usah di bayar, cukup komisi hasil penjualan saja. Makin banyak kita jual, makin besar pendapatan kita, cukup adil bukan? Memenangkan semuanya kan? Sedikit masukan, bagusnya anda cari produk yang memang anda suka membicarakannya, suka memakainya, suka lah...biar anda nyaman dulu jualannya. Repot juga kalau anda tidak nyaman dengan produk yang anda jual. Seperti beberapa kasus teman-teman distributor di MLM atau asuransi, mati-matian mereka “memaksa” saya untuk bergabung dengan jaringan mereka, tapi saya gak mau, ya ...mau gimana lagi, saya memang gak nyaman menjalankan bisnisnya.

3. Offline atau online
Dan metode penjualan kita bisa offline atau online. Offline gimana, kan gak punya toko? Lho kemaren kan dah saya bilang, kita bisa jualan di rumah, ya kan? Caranya kita buat display produk di rumah, cantumkan no telepon kita, Atau kita manfaatkan no kontak di HP, kirim sms informasi tentang kita yang memiliki produk ini dan itu, dan seterusnya dan seterusnya. Terus, kita berikan jasa delivery, kita berikan bonus, dan lain-lain.
Kalau jualan online, silahkan tanya sama ahlinya. Tapi, kalo kita lihat teman-teman yang jualan di dunia maya, mereka memanfaatkan ‘pertemanan’ mereka untuk memasarkan produknya. Balik lagi kan, memanfaatkan pertemanan hehe. Dan pemanfaatan ini bukan hanya meminta teman-teman kita tadi untuk membeli produk kita, tapi meminta bantuan mereka untuk ikut menyebarluaskan usaha kita ke orang lain, siapa tau ada pihak lain yang memang membutuhkannya

4. Jaga hubungan baik dengan orang yang pernah beli produk kita (layanan purna jual)
Silaturrahim jangan putus, tetap jaga kontak, siapa tau beliau tadi bisa jadi pelanggan kita yang dengan senang hati menawarkan produk kita ke orang lain.

Intinya, saya mau katakan bahwa, kalo mau memulai usaha, jangan terlalu fokus memikirkan modal uang saja. Ada banyak cara lain yang dapat kita manfaatkan untuk dapat memulai usaha dengan modal yang nyaris Rp. 0,- caranya ya yang tadi saya sampaikan, MANFAATKAN TEMAN-TEMAN KITA hehe.

Salam, semoga bermanfaat dan selamat memulai bisnis dari rumah.

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat