WIRAUSAHA

Ini mungkin tema paling hangat saat ini. dimana-mana akan sering kita jumpai sebuah isu baru yaitu tentang kegiatan wirausaha. apalagi dengan krisis global yang berimbas dengan meningkatnya angka PHK di negeri ini. ternyata wirausaha adalah sebuah jawaban yang dapat membantu kondisi saat ini.

beberapa waktu yang lalu, di kampusku diadakan sebuah kuliah umum yang judulnya (kalo gak salah tulis)

"CARI DUIT ITU MUDAH... TAPI DUIT YANG KECIL-KECIL"

kuliah ini di sampaikan oleh seorang pengusaha muda (alumni kampus kami juga) yang baru saja mendapat penghargaan sebagai pengusaha muda terbaik untuk sumatera utara.

sepertinya kita harus sudah mulai mengubah paradigma kita tentang "pekerjaan". Pekerjaan selama ini di asosiasikan dengan pergi pagi pulang petang ke sebuah bangunan yang namanya "KANTOR" baik itu milik pemeritah atau swasta, kemudian menerima gaji setiap bulan dari kantor tersebut. Menjadi paradigma "WIRAUSAHA" agar kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita sendiri.

Negara yang maju adalah negara yang 2 % dari seluruh penduduknya adalah PENGUSAHA. dan sedihnya di INdonesia, penduduknya baru 0,18 % yang berprofesi sebagai PENGUSAHA.

satu lagi mindset berpikir kita yang harus diubah yaitu untuk menjadi pengusaha tidak harus dengan sesuatu usaha yang BESAR, namun kita dapat memulainya dari yang kecil. seperti judul kuliah tadi, "cari duit gampang, tapi duit yang kecil-kecil" artinya mengumpulkan dari hasil yang kecil-kecil.

satu contoh konkrit, ada seorang teman, satu kampus, masih senior saya juga. beliau sudah memulai untuk mengumpulkan uang dari yang kecil-kecil. beliau menjadi PENGUSAHA KERUPUK. kita mungkin memandangnya sebagai sesuatu yang rendah (karena memang itu mindset berpikir kebanyakan kita),

"masa' seorang sarjana kerjanya cuma jualan kerupuk...??"

namun, aku SALUT kepada beliau... karena beliau sudah memulai untuk tidak menjadi BEBAN bagi masyarakat dan pemerintah. ya... kumpulkan duit sedikit-sedikit dari yang kecil-kecil....

salam luarbiasa

Bag Kinantan, ST

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat