Pemimpin dan Kepemimpinan

“Pemimpin adalah seorang penjual harapan, melalui kejelasan visi dan
kekuatan misi” (Mario Teguh)

“Kepemimpinan adalah sebuah proses untuk mempengaruhi individu atau organisasi untuk mencapai urutan hasil dalam urutan tindakan yang setia pada semua misi.” (Mario Teguh)

Yup benar sekali pak Mario. Sering kita melihat bahwa pemimpin-pemimpin besar yang pernah ada di dunia, pada awalnya mereka adalah “pemimpi besar”, mereka menjual mimpi mereka dalam bentuk “harapan-harapan” kepada orang-orang disekitarnya. Namun, mereka tidak hanya sekedar memberikan “harapan-harapan kosong”. Mereka (baca: pemimpin) juga memberikan visi (goal atau tujuan) yang jelas, apa akhir dari perjuangannya.

Selain itu, mereka juga memiliki kekuatan misi (langkah-langkah). Artinya mereka memiliki “kerangka kerja” yang kuat untuk mencapai mimpi atau harapan yang telah mereka jual itu. Sehingga pribadi-pribadi pemimpin ini (mereka yang memiliki mimpi dan harapan, serta didukung oleh misi yang kuat) mampu “menyihir” (baca: mempengaruhi) orang-orang disekelilingnya untuk ikut bersama dengannya mewujudkan mimpi-mimpi yang ia hembuskan terus menerus.

Sekarang banyak sekali pemimpin. Ya banyak pemimpin, mulai dari ketua kelas, pemimpin departemen, pemimpin divisi, ketua organisasi ini dan itu, hingga tingkatan tertinggi pemimpin bangsa yaitu presiden. Dari banyaknya posisi pemimpin itu, tidak semua dari mereka memiliki kemampuan untuk memimpin atau yang kita sebut sebagai KEPEMIMPINAN. Banyak pemimpin yang sebenarnya hanya SIMBOL tanpa memiliki sebuah PENGARUH kepada bawahannya. Ini dia inti masalahnya, PEMIMPIN TANPA PENGARUH.

Lalu bagaimana menjadi pemimpin yang berpengaruh? Ikuti tulisan saya berikutnya.

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat