Catatan Akhir Tahun

Ku baca lagi buku inspiratif ini, buku yang akhirnya mengubah haluan hidupku. Sangat radikal, yang sering memicu sedikit 'ketegangan' dengan orang yang paling kucintai dan ku hormati, mama. Buku yang tidak terlalu tebal, ditulis dengan hati - apa yang diberikan dari hati, maka akan sampai ke hati -, berdasarkan pengalaman pribadi langsung dan detail.

Buku sederhana itu judulnya adalah "Leaving Microsoft To Change The World". Kisah si penulis - john wood-, eksekutif microsoft, mengepalai pemasaran microsoft untuk wilayah asia pasifik dan berkedudukan di sidney, australia.

Kuingat sekali bahwa buku ini adalah hadiah dari teman-teman KAMMI USU dan Formasi USU dalam kegiatan Bakti Sosial di Panti Asuhan Bani Adam, Mabar Medan, awal tahun 2009. Kebetulan dalam acara itu, aku mendapat tugas untuk berbagi cerita dengan anak-anak panti. Tak lama dari acara itu, aku memutuskan untuk 'pulang kampung' ke tanah kelahiranku dan memulai hidup di sana.

Maret 2009

Adalah bulan pertama aku memulai hidup di Lampung. Dengan titel sarjana teknik yang menempel di belakang namaku, besar harapan orang tuaku (terutama ibu) agar aku mendapatkan pekerjaan yang layak dan gaji yang cukup.

Namun, sayangnya, buku ini terlalu kuat mempengaruhiku. Bagaimana tidak, seorang eksekutif microsoft dengan gaji yang sangat besar, fasilitas keliling dunia, tempat tinggal, saham perusahaan dan bonus-bonus yang berlimpah, serta satu lagi usia yang baru memasuki angka 30-an tahun. BERANI mengambil langkah RADIKAL dengan keluar dari Microsoft, dan memulai hidup sebagai PENGANGGURAN demi menjalankan proyek 'buku' untuk anak-anak miskin di Himalaya. Semua orang pasti akan menggelengkan kepala, saat ia sedang dalam posisi yang -bagus-bagusnya-, justru ia keluar.

Buku ini yang akhirnya 'memaksa'ku untuk membuat Langkah Besar dalam hidupku. Menyusuri jalanku sendiri, mandiri, tidak terikat dan tidak bergantung dengan orang lain. Langkah yang menurut 'kebanyakan orang' agak gila dan tidak mungkin.

Di awal langkah dulu, itu pula yang hadir di dalam benakku, tidak percaya diri, ragu-ragu dan sedikit takut. Namun, di sisi yang lain diriku, mengatakan bahwa, "apa yang tidak mungkin bagi Allah, jika ia menghendaki. Bukankah jika kita bersungguh-sungguh maka Allah 'pasti' akan memberikan hasil yang sepadan? Ambil langkah dulu, kemudian liat hasilnya, kemudian evaluasi, kemudian baru buat langkah yang baru"

Dan suara kedua yang lebih dominan dan memenangkan diriku.

Jadilah, aku seperti apa yang anda lihat sekarang. Kerjanya jalan-jalan, kadang-kadang berpanas-panas ria, hingga kulitku yang sudah coklat makin gelap, kadang harus berhujan-hujan ria demi memenuhi pesanan dari orang-orang yang mempercayakan kebutuhannya kepadaku dan lain-lain.

Desember 2010

Setidaknya hampir 2 tahun, aku melangkah di jalan yang ku buat sendiri. jujur, tidak sedikit modal yang harus kukorbankan, mulai dari fisik, pikiran, waktu, dan materi. Jika ku hitung-hitung yang telah kukeluarkan, hasilnya sekarang belumlah sepadan, tapi aku yakin bahwa inilah jalan tercepat yang harus kutempuh demi mewujudkan apa yang menjadi cita-citaku.

Di akhir tahun 2010 ini, ada banyak yang sudah kulakukan, namun banyak pula yang terlewatkan. Banyak target yang tercapai, namun banyak juga target yang meleset. satu kalimat yang sering ku bisikkan ke dalam hatiku, "Ini hanya masalah waktu saja, cepat atau lambat, semua yang kita inginkan akan segera terwujud atas izin Allah, Allah hanya akan memberikannya di waktu yang tepat."

Akhirnya, aku ucapkan terimakasih untuk semua pihak yang telah banyak membantuku, baik tenaga, materi, waktu dan sebagainya. Untuk orang tuaku yang sudah 'mengizinkan' aku menentukan langkahku sendiri, untuk teman-teman di kotabumi yang terus mendorongku agar jangan menyerah, teman-teman maya dan nyata di jejaring sosial -terimakasih untuk inspirasinya-, buat teman-teman di medan, USU, KAMMI, Teknik, Teknik Industri, Indekost, Gg Sipirok no 10, Bandung, teman-teman yang banyak membantu di Andalas Jamur Sejahtera (AJS) Workshop dan lain-lain. terimakasih.

* gak ada salahnya pula, jika ku sarankan teman-teman untuk membaca buku itu, asli inspiratif, jika tidak salah review buku ini sudah ku tulis di blog ini, coba lihat di kategori buku.

** linknya http://boemikoo.blogspot.com/2009/06/membangun-organisasi-yang-kuat.html
http://boemikoo.blogspot.com/2009/04/meninggalkan-microsoft-untuk-mengubah.html

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat