Kekuatan Inisiatif

Mungkin ini dia perbedaan mendasar orang-orang yang mengalir di dalam darahnya semangat enterpreneur dengan yang tidak. Kecepatan dalam bertindak, saat melihat ada peluang baik di depannya. Ia lebih mendahulukan intuisinya dalam mengambil keputusan. Jika dalam pikirannya ia mampu dan yakin berhasil, maka tidak ada salahnya jika hal itu ia lakukan.

Ini satu hal yang ku tangkap dari seorang kepala desa. Beliau adalah kepala desa wonomarto di prokimal lampung utara. Darinyalah aku banyak belajar tentang bertindak cepat saat melihat ada peluang baik, sekecil apapun peluang itu. Selanjutnya serahkan hasilnya kepada Yang Diatas.

Beberapa hari yang lalu saat aku mengunjungi rumahnya di pedalaman prokimal. Ku tangkap semangat itu, yang juga menular kepadaku. Luarbiasa, beliau masih muda, berperawakan tinggi besar, persis sekali dengan semangatnya yang menggebu-gebu. Di tunjukkan beberapa usahanya yang telah ia rintis, baik yang ada hasilnya atau yang tidak ada hasilnya. Sampai akhirnya ia ingin memfokuskan diri mengembangkan usaha di bidang jamur tiram. Dan sangat kebetulan kami memiliki jenis usaha yang sama. Sehingga telah tercapai sebuah kesepakatan lisan antara kami berdua, bahwa kami akan bekerja sama secara serius mengembangkan usaha ini.

Ya, sebagai seorang pengusaha, apalagi yang masih terhitung baru, ada baiknya kita terus mengasah intuisi kita dalam bertindak. Karena banyak penemuan besar itu bukan dari pemikiran yang mendalam, tapi melalui kilatan pikiran yang muncul selintas, kemudian kita merasa itu baik dan dapat dikerjakan, kemudian langsung diambil tindakan segera. Masalah hasil? Kita perbaiki sambil berjalan. Yang penting adalah sungguh –sungguh dan fokus.

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat