Bekal Pebisnis Pemula

Jika Anda pernah memainkan permainan olahraga apapun, Anda pasti mengetahui seberapa pentingnya menguasai dasar-dasar dari hal tersebut. Anda pasti pernah memiliki pelatih yang mengajak Anda untuk menikmati proses persiapan dan latihan yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan.
Hal yang sama berlaku dalam dunia bisnis. Tapi sekarang ini sudah terlalu banyak informasi yang beredar, sehingga seringkali sangat sulit untuk berfokus pada beberapa dasar yang simpel tapi dibutuhkan untuk menyukseskan startup Anda.
Beberapa entrepreneur terlalu sibuk mengejar-ngejar “sesuatu yang baru.” Mereka mencari sudut pandang baru atau “peluru ajaib” yang bisa menyelesaikan semua masalah mereka. Tapi pada akhirnya, “peluru ajaib” adalah sesuatu yang tidak nyata. Yang ada adalah prinsip-prinsip yang sudah terbukti dan harus Anda latih dan kuasai jika ingin bisnis Anda berkembang dan tetap sukses.
Berikut ini adalah beberapa prinsip dasar dan cara untuk menguasainya:
1. Tentukan kemana arah perusahaan Anda, dan kenapa Anda ingin mencapainya.
Jika dalam sebuah perjalanan, Anda mengetahui kemana tujuan Anda dan kenapa Anda ingin pergi kesana, akan lebih mudah untuk tetap termotivasi dan terfokus apa tujuan Anda, bahkan jika Anda mengalami pecah ban atau mogok.
Sama halnya dengan sebuah visi yang akan menuntun Anda saat masa-masa sulit dan akan membantu mengarahkan pelanggan ke bisnis Anda. Jadi cobalah sering-sering bertanya pada diri Anda sendiri, kemana arah yang ingin Anda tuju dengan bisnis ini—dan yang lebih penting, kenapa? Apa alasannya?
Setelah Anda menentukan visi untuk perjalanan panjang dalam kehidupan entrepreneur, Anda bisa menentukan tujuan-tujuan bisnis yang spesifik, lalu membaginya dalam perencanaan, aksi, dan tugas-tugas. Anda akan terkejut saat mengetahui apa yang bisa dicapai dengan memecah sebuah proyek yang tampaknya sangat sulit menjadi tugas-tugas yang bisa dilakukan sehari-hari.
Anda juga akan terkejut oleh banyaknya hasil yang bisa Anda capai dalam 5 atau 10 tahun kedepan dengan sebuah visi yang solid tentang tujuan Anda dan bagaimana cara Anda untuk mencapainya.
2. Bisnis tidak akan berjalan tanpa penghasilan, jadi belajarlah cara menjual
Kita semua pasti pernah melihatnya ribuan kali: sebuah perusahaan yang memiliki logo yang sangat bagus, kartu nama, kop surat, dan kantor yang luas dan memadai, tapi memiliki sangat sedikit penjualan dan pelanggan.
Setiap bisnis, tentunya, memerlukan pelanggan, dan sampai Anda memilikinya, Anda tidak benar-benar memiliki sebuah bisnis. Artinya Anda harus belajar sebanyak mungkin tentang penjualan dan bagaimana melakukannya berulang kali setelah penjualan pertama Anda.
Jika Anda adalah seorang yang berbakat untuk menjadi sales, berbahagialah Anda! Tapi Anda juga harus memastikan Anda menjual dengan harga yang tepat, keuntungan yang akan memastikan Anda sukses dan menghindari kecenderungan untuk menjual dengan harga diskon hanya untuk menaikkan penjualan Anda.
Ini  adalah hal yang penting bahkan untuk perusahaan yang sudah besar. Tapi tentunya jauh lebih penting untuk startup karena tujuan pertama Anda haruslah untuk menghasilkan sebanyak mungkin arus kas secepat yang Anda bisa.
3. Jual sesuatu yang ingin dibeli orang
Kita juga sudah sering melihat banyak perusahaan yang ingin meraih sukses di pasar yang baru dan belum dites sebelumnya, hanya untuk mengetahui bahwa pasar yang mereka targetkan ternyata tidak ada sama sekali, atau mereka hanya berusaha mendapat sesuatu yang sangat kecil.
Untuk menghindarinya, berpikirlah dalam skala kategori yang besar terlebih dahulu. Sebagai contoh, kebanyakan orang sudah membeli sepatu, pakaian, teknologi, dan hiburan, tapi mereka akan membayar lebih lagi jika ada produk atau jasa baru yang menarik untuk mereka. Pasar baru yang bisa menguntungkan biasanya didapatkan dari menggali dalam kategori-kategori yang sudah sukses.
Jadi mulailah dengan sesuatu yang besar, lalu mulai berfokus pada hal-hal khusus. Seringkali Anda akan dapat menemukan lebih banyak kesemaptan daripada Anda memulai dari arah sebaliknya.
4. Ciptakan arus kas terlebih dahulu, baru incar keuntungan
Saya mendukung siapapun untuk mendapatkan keuntungan, tapi pertama-tama Anda harus membangun arus kas yang konsisten. Beberapa pemilik bisnis tergila-gila pada sistem dan pembentukan tim, dan itu bukanlah hal yang tepat, selama itu adalah sebuah sistem yang juga menghasilkan arus kas.
Silahkan jika Anda ingin membangun sistem lain. Tapi pastikan Anda mendapat arus kas terlebih dahulu. Jika Anda ingin membentuk tim yang hebat, silahkan. Tapi ingatlah untuk mendapat arus kas terlebih dahulu.
Jika Anda ingin mendapatkan pendapatan yang lebih besar, dapatkan arus kas yang lebih konsisten.
Akhirnya, yang terpenting adalah melaksanakannya. Semua visi, mimpi, tujuan, perencanaan, dan gambaran Anda hanya akan berguna sesuai dengan sebanyak apa aksi dan usaha yang Anda lakukan untuk menjalankannya.
Dan hati-hatilah dengan godaan untuk mencoba sesuatu yang baru. Sebagai gantinya, biasakan untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar yag akan membantu Anda mencapai tujuan. Anda akan menyadari bahwa perkataan guru dan pelatih Anda dulu adalah hal yang benar.(startupbisnis.com)

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat