wawancara kerja : ceritakan tentang diri anda

biasanya pertanyaan ini diajukan untuk mereka yang sedang wawancara kerja. biasanya mereka yang tadinya sudah percaya diri, mendengar pertanyaan ini kebanyakan dari mereka langsung mengalami demam panggung.

banyak orang gugup, tiba-tiba lidahnya kelu, kenapa ya?? apa karena kita tidak pernah menceritakan tentang diri kita kepada orang lain, atau terlalu banyak hal yang ingin kita ceritakan kepada orang lain sampai-sampai kita bingung memulainya darimana...

katanya, kalo wawancara kerja, jawaban untuk pertanyaan ini singkat, padat, dan dapat menunjukkan karakter dan kelebihan kita.

terkadang kita terpancing untuk merendah, menghiba, atau curhat dalam cerita kita... menurut saran juga sih, sebaiknya ceritakan hal-hal positif...

misalnya:

Nama saya Bag Kinantan, saya anak pertama dari empat bersaudara, lahir di lampung hingga SMA, kemudian merantau ke Medan untuk Kuliah di Universitas Sumatera Utara, sejak SMA saya aktif di organisasi, mulai dari Remaja Masjid, Rohis, OSIS dan lain-lain, dikampus saya juga aktif di beberapa organisasi mahasiswa, seperti KAMMI sebagai kepala departemen, Sekretaris Jendra di Senat Mahasiswa, Koordinator Laboratorium Proses Manufaktur FT USU, dan lain-lain. saya memiliki hobi Membaca, Menulis, Travelling dan olahraga. tulisan-tulisan pribadi saya berupa review buku, film, tempat wisata, dan kuliner, saya bagikan di sebuah blog pribadi yang saya kelola. di bidang olah raga, selain sebagai pemain, saya juga pernah menjadi manajer tim basket dan futsal di kampus saya.


kira-kira seperti itu

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat