Apa itu Kaya?

Salah satu yang akan saya capai saat saya masih hidup adalah saya berusaha agar saya menjadi orang KAYA. kenapa? Saya ingin agar dapat membantu banyak orang dengan harta saya, namun, bukan berarti saat saya belum "kaya" saya tidak membantu orang lain. Untuk itulah, saya kira kita perlu juga mendefinisikan makna kaya itu apa? 

Sebagian orang mengatakan bahwa kaya adalah memilki penghasilan yang banyak, gaji yang tinggi...

Sebagian yang lain mengatakan bahwa, orang kaya adalah orang yang memiliki aset yang banyak....

dan masih banyak lagi definisi yang lain. bagi sebagian orang, penghasilan yang hanya 2-3 juta rupiah per bulan itu sudah sangat cukup, namun bagi sebagian orang lainnya, penghasilan 20 juta ke atas per bulan masih kurang.

Robert T Kiyosaki mengatakan bahwa, yang dimaksud dengan kaya adalah KEMAMPUAN untuk tetap hidup dengan gaya hidup yang ada sekarang (saat masih bekerja) meski anda sudah tidak bekerja (secara aktif untuk mendapatkan aktive income) lagi. 

Nah, saya agaknya lebih sepakat dengan bung robert ini. Sebesar apa nilai PASSIVE INCOME kita dan mampu membiaya gaya hidup kita saat masih memiliki AKTIVE INCOME itulah yang disebut kekayaan atau orang kaya. 

Untuk mengujinya mudah saja, Misalnya hari ini anda memiliki pekerjaan yang mapan, atau bisnis yang bagus, kemudian besok anda berhenti bekerja, berhenti mengurus bisnis, dan anda hidup dengan dibiayai oleh aset yang anda miliki baik berupa aset lancar atau aset tak lancar...seberapa lama anda dapat bertahan hidup dengan gaya hidup yang sama? jika sekiranya anda mampu hidup sangat lama berarti anda kaya. 

mungkin seperti itu...hehehe

salam.


No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat