KESALAHAN FATAL YANG DILAKUKAN MANAJER (Disarikan dari Buku 13 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Manajer)

Selalu Mencari Kambing Hitam Atas Kesalahan

Hal inilah yang kadang sangat sulit diterima oleh banyak orang. Banyak manajer tidak mau menerima tanggung gugat pribadinya. Maksudnya seperti ini, sering kali jika terjadi kesalahan dalam organisasi, manajer langsung mencari dalih (baca: kambing hitam) atas masalah tersebut. Misalnya terjadi penurunan penjualan, orang-orang yang tidak mau menerima tanggung gugat pribadinya akan berkata, “Persentase penjualan kami berkurang karena saat ini inflasi sangat tinggi sehingga daya beli masyarakat menurun.”

Pada intinya, mereka (baca:manajer) tidak mau disalahkan atas kegagalan yang terjadi. Mereka akan mencari dalih untuk melindungi diri. Mereka mencoba untuk lari dari tanggung jawab atas pekerjaan mereka.

Manajer atau pemimpin yang baik adalah mereka yang berani mengambil tanggung jawab atas semua yang terjadi. Jika terjadi sebuah kegagalan di dalam organisasi, maka mereka langsung mengintrospeksi diri, apakah ada kesalahan dalam pelaksanaan rencana dan lain sebagainya. Selanjut mereka langsung menyingsingkan baju dan melakukan apa yang terbaik dapat mereka lakukan untuk memperbaiki keadaan.

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat