KESALAHAN FATAL YANG DILAKUKAN MANAJER (Disarikan dari Buku 13 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Manajer)

Gagal Mengembangkan Orang

Tujuan utama manajemen adalah untuk memastikan bahwa kelangsungan bisnis atau organisasi akan terus berlanjut, walaupun sudah terjadi pergantian orang-orang di dalamnya. Bisnis atau organisasi yang baik adalah organisasi yang dapat bertahan dalam kesuksesan yang berlangsung lama (baca: puluhan tahun).

Sering kali kita menjumpai manajer atau pemimpin organisasi yang kerap mengontrol jalannya organisasi setiap saat. Apalagi saat mereka (manajer) tidak sedang berada di antara anak buahnya. Mereka akan selalu menelpon untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik. Bagi kita yang awam akan mengatakan bahwa mereka (manajer) tadi adalah orang-orang yang luarbiasa. Karena memiliki perhatian yang luarbiasa. Namun sadarkah mereka, bahwa mereka sebenarnya sedang menggali kuburan mereka sendiri. Karena kecengengan yang mereka “ciptakan” itu akan membuat tim mereka menjadi “lemah”.

Kita tidak pernah tahu berapa lama kita hidup atau kita tidak mungkin selamanya berada di antara orang-orang yang kita pimpin. Oleh karena itu manajer yang baik bukanlah mereka yang dapat menyelesaikan banyak masalah, tapi manajer yang baik adalah mereka yang banyak memberi masalah dan membimbing anak buahnya hingga akhirnya memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah-masalah lain yang muncul tanpa harus anda (manajer) langsung turun tangan.

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat