Kerja Tim

"saat kita bekerja atau berbuat bersama dengan orang lain (di dalam) tim, maka satu hal yang harus kita perbesar adalah "maklum" dan "komunikasi yang intensif".

Dalam beberapa waktu belakangan ini saya mendapat tugas untuk memimpin sebuah tim yang beranggotakan 25 orang. Hanya tim kecil sepertinya. Satu hal lagi yang mengenakkan adalah ke 25 orang ini saya mengenalnya, walau tidak dengan sangat baik. Tim ini harus melakukan pendataan penduduk yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

SOP tim adalah pembagian tugas dan komunikasi. Saat bersama dalam sebuah tim, maka kita harus menyingkirkan 'ego' dan kebiasaan buruk kita saat sendiri. mengapa? karena kita hidup bersama orang lain. paling tidak ada 25 kepala yang isinya berbeda-beda. Untuk memastikan bahwa pekerjaan selesai, maka saya harus jeli membagi tim ini menjadi beberapa kelompok yang memiliki fungsi dan tanggung jawab tersendiri.

Masalah adalah hal yang lumrah terjadi saat kita bekerja dalam tim. Mulai dari ada anggota tim yang tidak maksimal bekerja sehingga harus di back up dengan yang lain, sampai permasalahan sepele yaitu "kata-kata yang kasar dan menyinggung perasaan".

Saya ingin lebih memfokuskan tulisan ini pada permasalahan "perkataan". Ada pepatah yang mengatakan bahwa, "lidah itu lebih tajam dari sebuah pedang." Dalam berkerja dalam sebuah tim, baik besar atau kecil, pengaruh perkataan ini akan sangat signifikan terhadap kerja-kerja tim itu sendiri. Yang paling sederhana adalah kata-kata "bercanda" yang menurut kita mungkin biasa saja, tapi bagi teman yang kita candain, mungkin hal tersebut menyinggung perasaannya. 

Oleh karena itu, dalam bekerja, sudut pandang dalam melihat itu bukan dari diri kita, tapi pada posisi teman kita dalam tim. Maklum kita akan semakin banyak, namun tetap membangun sebuah komunikasi agar kerja-kerja tim itu tidak di pikul hanya oleh seorang saja atau dua orang, namun semua anggota tim bertanggung jawab penuh dengan tugas yang di berikan. Kalau sekiranya ada halangan dalam menyelesaikan tugas tersebut, wajib hukumnya untuk "melaporkan" keadaan, sehingga teman-teman yang lain tidak berprasangka yang buruk terhadap kita. 

Saat terjadi 'clash' penting bagi kita untuk duduk bersama membicarakannya dengan kepala dingin tidak dengan ego dan perasaan kita sendiri. Tetap sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang tim, kebersamaan tanpa mengurangi hak-hak kita.

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat