hari-hari pengusaha

"bisnis tetap berjalan, sementara kita jalan-jalan"

hehe

itu yang sedang kulakukan hari ini, dengan merekrut beberapa orang yang belum punya pekerjaan, namun memiliki semangat untuk bekerja. ku ajak, ku ceritakan mimpi-mimpiku, ku transfer ilmu yang ku miliki, ku bagi rejeki yang ku dapat, satu hal yang ku minta kepada mereka, bahwa,

"Usaha ini, adalah milik kita bersama, mari kita besarkan, kalian mau dapat uang dari sini? kerja sungguh-sungguh, kejar hasil yang maksimal, jika itu terjadi, saya tidak akan menutup mata, kalian akan dapatkan apa-apa yang menjadi hak kalian..."

***

saya bertemu dengan teman kuliah yang kebetulan mampir ke rumahku, ia berkata, "aku heran sama orang-orang yang punya usaha tapi dia yang sibuk ngurusinya sendiri, contohnya seperti pedagang yang punya toko, setiap hari dia jagain, kadang sampe gak libur."

ku katakan, "masing-masing orang kan berbeda, ada yang memang dia suka kerja, dan ada juga yang dia tidak mudah percaya dengan orang lain. jadinya, agak sulit baginya untuk melepaskan usahanya kepada orang lain."

***

aku teringat pesan seorang dosen, "kamu itu punya potensi, tapi kamu harus bikin tim agar potensimu menjadi lebih powerfull"

Dalam beberapa bulan ini, aku sedang membangun tim dibawah bendera AJS Workshop, sebuah usah di bidang budidaya jamur tiram. sampai hari ini sudah ada 4 orang yang bekerja bersama di sini. awalnya aku ragu, bagaimana nanti membayar mereka? tapi, rejeki mereka kan urusan Allah bukan urusanku, aku hanya menyalurkan apa yang menjadi hak mereka saja.

Dan dari 4 orang ini, aku sudah mendapatkan satu figur yang akan menjadi pemimpin keempat orang ini. awalnya aku terjun langsung, memberi arahan, masukan dan sebagainya. dan sudah beberapa hari ini, peran itu ku kurangi, ku biarkan si 'pemimpin' baru untuk mengawasi, memberi arahan dan masukan kepada anggota yang lain. dan kulihat, cukup berhasil.

saatnya aku mulai mengambil peran lain yang lebih menantang. hehe


***

ohya,

jika kita ingin orang-orang kita loyal kepada kita, maka satu hal yang harus kita lakukan adalah kita harus loyal kepada mereka terlebih dahulu.

laki-laki itu jika di beri tanggungjawab yang menantang, egonya akan terpancing untuk menyelesaikan dengan sebaik-baiknya. ada baiknya anda mulai memberikan tantangan-tantangan kepada 'orang-orang' anda...

bersambung....


No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat